MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI
INFORMASI
( BOOTSTRAP )
OLEH :
Yoridha Illahi : 14
205 123
DOSEN PEMBIMBING : KEUKEU R
PRGRAM STUDI MANAJEMEN
INFORMATIKA JURUSAN SYARIAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI (STAIN)
BATUSANGKAR
2014
M
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
karunia-Nya, sehingga dengan izin nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini
dengan baik.
Shalawat
beriringkan salam penulis ucapkan agar disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW
yang telah membawa manusia dari zaman berilmu pengetahuan dan penuh kebaikan
sampai saat sekarang ini.
Berkat
rahmat dan karunia Allah akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul BOOTSTRAP.
Makalah ini dibuat sebagai tugas mata kuliah
Pengantar Teknologi Informasi.
Penulis
menyadari sepenuh nya bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. untuk itu
kritik dan saran pembaca sangatlah penulis harapkan demi perbaikan pada makalah
selanjutnya. Akhir kata semoga makalah
ini dapat bermafaat bagi kita semua,
penulis khususnya pembaca.
Batusangkar, 7 November 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................ i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A. LatarBelakang................................................................................. 1
B. RumusanMasalah............................................................................ 1
C. TujuanMasalah................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Bootstrap....................................................................... 2
B. Sejarah Bootstrap............................................................................ 2
C. PengembanganBootstrap DenganPerangkatLunak..................... 2
D. AlatAlatDalamMeningkatkan Bootstrap....................................... 3
E. Kelebihan Bootstrap....................................................................... 5
F. Kelemahan Bootstrap...................................................................... 5
G. Cara Mendownload Bootstrap....................................................... 6
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan....................................................................................... 7
B. Saran................................................................................................. 8
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................. 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Bootstrap adalahalatdesain
UI web. Istilahbootsrapberasalsejalawalabadke- 19 AmerikaSerikat.Padatahun 1860
muncul dalam komentar filsafat onmetaphysical yaitu upaya pikiran untuk menganalisis
sendiri.
Di bootstrap jugaadaalatalat
yang dikembangkanyaitu:
a. Compiler
b. Elektronik
c. Tenagalistrikjaringan
d. Jaringanseluler
B. Rumusan masalah
·
Apa Pengertiandari bootstrap?
·
Sebutkan Sejarah bootstrap?
·
Apa Alat yang dikembangkan untuk meningkatkan bootstrap?
·
Sebutkan Kelebihan dan kelemahan bootstrap?
C. tujuan
Untuk dapat mengetahui apa itu bootstrap.
Mengetahui kelebihan dan kekurangan bootstrap.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Bootstrap
Bootstrap adalah alat untuk mendesain UI web.
Bootstrap dalambahasaumumbiasanyamengacupadaawal proses
mandiriseharusnyauntukmelanjutkantanpamasukaneksternal. Dalamteknologi computer
biasanyadisingkatmenjadiboothing.Biasanyamengacupada proses loading
server.Dasarpadamemori computer setelah
power-on atauulangumum, terutama system operasi yang kemudianakanmengurusperangkatlunak lain
yang di perlukan.
boothingadalahrangkaianperistiwa yang di mulaidenganpelaksanaanprosedurberbasis hardware dankemudiandapattangan –off ke firmware dan software yang dimuatkememoriuatama.
Booth seringmelibatkan proses sepertimelakukantediri, memuatpengaturankonfigurasi,memuat BIOS, monitor penduduk, hypervisor, sebuah system informasi, perangkatlunakorutility
boothingadalahrangkaianperistiwa yang di mulaidenganpelaksanaanprosedurberbasis hardware dankemudiandapattangan –off ke firmware dan software yang dimuatkememoriuatama.
Booth seringmelibatkan proses sepertimelakukantediri, memuatpengaturankonfigurasi,memuat BIOS, monitor penduduk, hypervisor, sebuah system informasi, perangkatlunakorutility
B. Sejarah Bootstrap
Istilah bootstrap berasalsejakawalabadke- 19
AmerikaSerikat ( khususnyadalamkalimat “menarikdiriataspagaratas bootstrap
seseorang”)sepasangsepatu bot dengansatu
bootstrap terlihatsepatu bot tinggimungkinmemiliki tab,
lingkaranataumenanganidibagianatas yang dikenalsebagai bootstrap, yang
memungkinkanseseoranguntukmenggunakanjariataualat booting
kaituntukmembantumenariknya. Bootstrap sudahdigunakanselamaabad ke-19” sebagaicontohtugas yang mustahil. Padatahun
1834, ketikamuncul di advokat workingman.Padatahun 1860
munculdalamkomentarfilsafatomnetaphysicalyaituupayapemikiran yang
menganalisissendiri.Bootsrapsebagaimetafora yang bearti yang
beartimemperbaikidiridenganupayatanpabantuansendiri. Dan
telahdigunakansemenjaktahun 1922. Bootstrap istilah computer mulaisebagai
metaforapada1950-an.Dalam computer, menekankantombol bootstrap menyebabkan
program tertanamuntukmembaca program bootstrap dari unit input. Computer
kemudianakanmengeksekusi program bootstrap, yang menyebabkanuntukmembacaintruksi
program yang lebihmendalam.
C.
PengembanganBootstrap DenganPerangkatLunak.
Bootstrap
jugadapatmerujukkepadapengembanganberturutturutlebihkompleks,
lingkunganpemogramanlebihcepat. Lingkungan yang paling sederhanamungkin editor
teks yang sangatdasar( misalnya red ) dan program assembler.
Menggunakanalatini, seseorangdapatmenulis editor teks yang lebihkompleks., dan
compiler
sederhanauntukbahasatingkattinggidanseterusnyasampaiseseorangmemilikigrafis IDE
danbahasapemogramantingkattinggiyanssangatkuat. Secarahistoris, bootstrap
jugamengacupadateknikawaluntukpengembangan program computer pada hardware baru.
Bootstrap dalampengembangan program dimulaipada 1950-anketikasetiap program
dibangundiataskertasdalamkode decimal ataudalamkodebiner. Sedikit demi sedikit
(1 0 ), karenatidakadatingkattinggibahasa computer, tidakada compiler,
assembler tidakada, dantidakada linker. Sebuah program assembler
keciladalahtangankodeuntuk computer baru (misalnya IBM 650 ) yang dikorvensibeberapainstruksikedalam lode
binneratau decimal. Compiler, linker, loader,
danutilitaskemudiandikodekandalambahasa assembly, lanjutmelanjut proses
bootstrap pengembangan system software yang kompleksdenganmenggunakan software
sederhana. Istilahinijugadiperjuangkanoleh Doug Engelbartuntukmerujukkeyakinannyabahwaorganisasi
bias lebihbaikbberkembangdenganmeningkatkan proses yang
merekagunakanuntukperbaikan( sehinggamendapatkanefekperacikandariwaktukewaktu )
tim SRI-nya yang mengembangkan system hypertext NLS meerapkanstrategiinidenganmenggunakanalat
yang telahdikembangkan.
D.
AlatAlat Yang DikembangkanUntukMeningkatKanBootstrap

Pengembangan
kompiler untuk bahasa pemrograman baru pertama kali dikembangkan dalam bahasa
yang sudah ada tetapi kemudian ditulis ulang dalam bahasa baru dan dikompilasi dengan
sendirinya, adalah contoh lain dari gagasan bootstrap. Menggunakan bahasa yang
ada untuk bootstrap bahasa baru adalah salah satu cara untuk memecahkan
"ayam atau telur" kausalitas dilema.

Selama instalasi program komputer kadang-kadang diperlukan untuk
memperbarui installer atau manajer paket itu sendiri. Pola umum untuk ini
adalah dengan menggunakan sebuah file kecil executable bootstrapper (misalnya
setup.exe) yang update installer dan mulai instalasi nyata setelah pembaruan.

Sebuah
node bootstrap, juga dikenal sebagai tuan rumah pertemuan, adalah node dalam
sebuah jaringan overlay yang menyediakan informasi konfigurasi awal untuk yang
baru bergabung dengan node sehingga mereka dapat berhasil bergabung dengan
jaringan overlay.

Suatu
jenis simulasi komputer yang disebut simulasi kejadian diskrit merupakan
pengoperasian sistem sebagai urutan kronologis kejadian. Sebuah teknik yang
disebut bootstrap model simulasi digunakan, yang bootstraps poin data awal menggunakan
generator nomor pseudorandom untuk menjadwalkan set awal tertunda peristiwa,
yang menjadwalkan acara tambahan, dan dengan waktu, distribusi kali event
pendekatan steady state-the bootstrap nya perilaku kewalahan oleh perilaku
steady-state.

Bootstrap
menggabungkan dan perbaikan diri RekursifBootstrap adalah teknik yang digunakan
untuk iteratif meningkatkan kinerja classifier ini. Bibit AI adalah jenis
hipotesis kecerdasan buatan yang mampu rekursif perbaikan diri. Setelah
diperbaiki sendiri, itu akan menjadi lebih baik dalam memperbaiki diri,
berpotensi menyebabkan peningkatan eksponensial dalam kecerdasan. Tidak ada AI
tersebut diketahui ada, tetapi tetap merupakan bidang penelitian aktif.
Bibit
AI adalah bagian penting dari beberapa teori tentang singularitas teknologi:
pendukung percaya bahwa pengembangan benih AI cepat akan menghasilkan
kecerdasan yang selalu lebih cerdas (via bootstrap) dan dengan demikian era
baru [rujukan?].

Bootstrap
adalah teknik mencari database. Satu dapat melakukan pencarian eksak
(menggunakan kata kunci, misalnya) dan mengambil banyak "hits",
beberapa di antaranya akan di-sasaran. Ketika peneliti melihat dokumen yang
relevan yang datang melalui dalam campuran, judul subjek akan berlokasi dalam
dokumen. Peneliti kemudian dapat mengeksekusi pencarian baru menggunakan judul
subjek resmi yang akan menghasilkan lebih fokus, hasil menunjuk. [Rujukan?]


Bootstrap
dalam bisnis berarti memulai bisnis tanpa bantuan atau modal eksternal.
Startups seperti mendanai perkembangan perusahaan mereka melalui arus kas
internal dan berhati-hati dengan pengeluaran mereka. Umumnya pada awal sebuah
usaha, sejumlah kecil uang yang akan disisihkan untuk proses bootstrap.
Bootstrap juga bisa menjadi suplemen untuk model ekonometrik. Bootstrap juga
diperluas dalam buku Bootstrap Bisnis, oleh Richard Christiansen.

Richard
Dawkins dalam bukunya River Out of Eden menggunakan konsep bootstrap komputer
untuk menjelaskan bagaimana sel-sel biologis membedakan: "Sel yang berbeda
menerima berbagai kombinasi bahan kimia, yang mengaktifkan berbagai kombinasi
gen, dan beberapa gen bekerja untuk beralih gen lain atau off. Dan bootstrap
terus, sampai kita memiliki repertoar penuh berbagai jenis sel. "

Analisis
bootstrap memberikan cara untuk menilai kekuatan dukungan untuk clades di pohon
filogenetik. Sejumlah ditulis oleh node, yang mencerminkan persentase pohon
bootstrap yang juga menyelesaikan clade pada titik akhir dari cabang itu.

Bootstrap
adalah aturan mencegah penerimaan bukti desas-desus dalam kasus konspirasi.

Bootstrap
adalah teori pemerolehan bahasa.

Bootstrap
menggunakan kriteria konsistensi yang sangat umum untuk menentukan bentuk teori
kuantum dari beberapa asumsi pada spektrum partikel.

Bootstrap
adalah bentuk umpan balik positif dalam desain sirkuit analog.

Biasanya
jaringan listrik listrik tidak pernah dibawa turun dengan sengaja. Generator
dan pembangkit listrik yang dimulai dan ditutup sesuai kebutuhan. Sebuah
pembangkit listrik khas membutuhkan daya untuk start up sebelum mampu
menghasilkan tenaga. Kekuatan ini diperoleh dari grid, jadi jika seluruh
jaringan turun stasiun ini tidak dapat dijalankan.
Oleh
karena itu untuk mendapatkan grid dimulai, harus ada setidaknya sejumlah kecil
pembangkit listrik yang dapat mulai sepenuhnya pada mereka sendiri. Awal yang
hitam adalah proses memulihkan pembangkit listrik untuk operasi tanpa
bergantung pada daya eksternal. Dengan tidak adanya jaringan listrik, satu atau
lebih mulai hitam digunakan untuk bootstrap grid.

Sebuah
Fungsi Bootstrap Server (BSF) merupakan unsur perantara dalam jaringan selular
yang menyediakan fungsi independen aplikasi untuk otentikasi bersama peralatan
pengguna dan server yang tidak diketahui satu sama lain dan untuk 'bootstrap'
pertukaran kunci rahasia sesi setelah itu. Istilah 'bootstrap' terkait dengan
membangun hubungan keamanan dengan perangkat yang sebelumnya tidak diketahui
pertama dan untuk memungkinkan unsur-unsur keamanan menginstal (kunci) dalam
perangkat dan BSF setelah itu.
E.
Kelebihan Bootstrap



F. Kekurangan
Bootstrap



G.
Cara Memasang Dan Menggunakan Bootstrap
1.
dowload bootstrap tersebut digithub,
2. selanjutnya folder boostrap masukan
didalam project
file file diatas adalah komponen file pada
bootstrap, jadi ketika didownload kita mendapatkan folderbernama bootstrap yang
didalamnya berisi css js img..
didalam css:
– bootstrap-responsive.css : file ini
digunakan untuk mensetting layout halaman website , dan keunggulannya file ini
dapat menyesuaikan sendiri ukuran website pada device yang digunakan, seperti
desktop,i-phone,tablet dsb…
-bootstrap.css : file ini digunakan untuk
mensetting keseluruhan style css didalam bootstrap tersebut.
– sedangkan bootstrap-responsive.min.css dan
boostrap.min.css : merupakan file hasil compress sehingga ukuran file lebih
diperkecil, fungsi tetap sama dengan yang aslinya…
didalam img:
– file pertama
merupakan image icon yang digunakan untuk icon2 dibootstrap
– file kedua sama dengan yang diatas cuma background yang digunakan berwarna putih sedang yang atas background icon yang digunakan berwarna hitam
– file kedua sama dengan yang diatas cuma background yang digunakan berwarna putih sedang yang atas background icon yang digunakan berwarna hitam
didalam js :
–
bootstrap.js : merupakan sebuah file file pengaturan javascript yang menghandle
semua event2 dsb didalam bootstrap
–
bootstrap.min.js : merupakan file file hasil compress dari bootstrap.js
–
jquery.js: (framework javascript) file ini di gunakan untuk memberikan sumber
daya script didalam bootstrap.jsistilah simple ini adalah bahan bakar script
kita he…
3. seep kemudian kita coba pasang file file
bootstrap tersebut pada html
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
v Bootstrap adalah alat untuk mendesain UI
web. Dalam bahasa umum bootstrap biasanya mengacu pada awal proses mandiri uang
seharusnya untuk melanjutkan tanpa masukan eksternal.
v Dalam teknologi computer istilah ini
disingkat menjadi booting. Booting
adalah proses memulai computer , khusus nya
dalam hal memulai software.
v Istilah bootstrap berasal awal
abad ke- 19 Amerika Serikat.
(khusus nya dalam kalimat “ menarik diri atas pagar oleh bootstrap
seseorang “). Bearti tindakan kepalang mustahil, sebuah adynaton. Sepasang
sepatu bot tinggi mungkin memiliki tab, lingkaran atau menangani dibagian atas
yang dikenal sebagai bootstrap. Yang memungkinkan seseorang untuk menggunakan jari atau alat booting kait
untuk membantu menarik sepatu. Selama
abad ke 19 sebagai contoh tugas yang mustahil , pada tahun 1834 ketika muncul
di Advokat workingma, hal ini menduga Mr Muphee,sekarang akan diaktifkan untuk
menyerahkan diri atas sungai Cumberland atau halaman gudang pagar oleh tali
sepatu botnya. Pada tahun 1860 muncul dalam komentar filsafat
omnetaphysical. “ upaya pikiran untuk menganalisis sendiri yaitu analog dengan
orang yang angkat mengangkat dirinya dengan bootstrap sendiri.
v Bootstrap dalam pengembangan program
dimulai sejak 1950-an ketika setiap program dibangun diatas kertas dalam kode
decimal atau dalam kode biner. Melanjutkan system bootstrap pengembangan system
software yang kompleks dengan menggunakan system yang sederhana. Istilah ini
juga diperjuangkan oleh Doug E ngelbart untuk merujuk keinginan nya bahwa
organisasi lebih baik berkembang dengan meningkatkan proses yang mereka gunakan
untuk perbaikan ( sehingga mendapaatkan efek peracikan dari waktu ke waktu).
Tim SRI-nya yang mengembangkan system hypertext NLS menerapkan strategi ini dengan
menggunakan alat yang telah mereka kembanglan untuk meningkatkannya.
v Alat alat yang dikembangkan untuk
meningkatkan bootstrap.
1.
Compiler
2.
Installer
3.
Jaringan
4.
Acara
simulasi diskrit
5.
Kecerdasan
buatan dan mesin pembelajaran
B. SARAN
Penulis mengetahui bahwa dalam
pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis
membutuhkan saran-saran yang membangun untuk kesempurnaan makalah ini karena
dengan adanya saran-saran tersebut penulis dapat mengetahui dimana letak
kekurangan-kekurangan dari makalah ini dan bisa menjadi pertimbangan
selanjutnya dalam pembuatan makalah yang lainnya, tidak lupa penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung penulis dalam
pembuatan makalah yang berjudul tentang “ BOOTSTRAP”
DAFTAR PUSTAKA
SPSS Inc.(2012).IBM SPSS Bootstrapping 19.New York
:SPSS. Inc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar