Kamis, 13 November 2014

MAKALAH BOOTSTRAP



                                                                      MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
( BOOTSTRAP )
 
  OLEH :

Yoridha Illahi          : 14 205 123
 
DOSEN PEMBIMBING      : KEUKEU R


PRGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA JURUSAN SYARIAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
BATUSANGKAR
                                                                           2014 M





KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga dengan izin nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Shalawat beriringkan salam penulis ucapkan agar disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa manusia dari zaman berilmu pengetahuan dan penuh kebaikan sampai saat sekarang ini.
Berkat rahmat dan karunia Allah akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul BOOTSTRAP. Makalah ini dibuat sebagai tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi.
Penulis menyadari sepenuh nya bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. untuk itu kritik dan saran pembaca sangatlah penulis harapkan demi perbaikan pada makalah selanjutnya. Akhir  kata semoga makalah ini dapat bermafaat bagi kita semua,  penulis khususnya pembaca.

                                                                                    Batusangkar, 7 November 2014
                                                                       
Penulis





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................ i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang................................................................................. 1
B.     RumusanMasalah............................................................................ 1
C.    TujuanMasalah................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Bootstrap....................................................................... 2
B.     Sejarah Bootstrap............................................................................ 2
C.    PengembanganBootstrap DenganPerangkatLunak..................... 2
D.    AlatAlatDalamMeningkatkan Bootstrap....................................... 3                     
E.     Kelebihan  Bootstrap....................................................................... 5
F.     Kelemahan Bootstrap...................................................................... 5
G.    Cara Mendownload Bootstrap....................................................... 6
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan....................................................................................... 7
B.     Saran................................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 9




BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Bootstrap adalahalatdesain UI web. Istilahbootsrapberasalsejalawalabadke- 19 AmerikaSerikat.Padatahun 1860 muncul dalam komentar filsafat onmetaphysical yaitu upaya pikiran untuk menganalisis sendiri.
Di bootstrap jugaadaalatalat yang dikembangkanyaitu:
a.       Compiler
b.      Elektronik
c.       Tenagalistrikjaringan
d.      Jaringanseluler
B.     Rumusan masalah
·         Apa Pengertiandari bootstrap?
·         Sebutkan Sejarah bootstrap?
·         Apa Alat yang dikembangkan untuk meningkatkan bootstrap?
·         Sebutkan Kelebihan dan kelemahan bootstrap?
C.     tujuan
Untuk dapat mengetahui apa itu bootstrap.
Mengetahui kelebihan dan kekurangan bootstrap.





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Bootstrap
Bootstrap adalah alat untuk mendesain UI web. Bootstrap dalambahasaumumbiasanyamengacupadaawal proses mandiriseharusnyauntukmelanjutkantanpamasukaneksternal. Dalamteknologi computer biasanyadisingkatmenjadiboothing.Biasanyamengacupada proses loading server.Dasarpadamemori computer setelah  power-on atauulangumum, terutama system operasi  yang kemudianakanmengurusperangkatlunak lain yang di perlukan.
boothingadalahrangkaianperistiwa yang di mulaidenganpelaksanaanprosedurberbasis hardware dankemudiandapattangan –off ke firmware dan software yang dimuatkememoriuatama.
Booth seringmelibatkan proses sepertimelakukantediri, memuatpengaturankonfigurasi,memuat BIOS, monitor penduduk, hypervisor, sebuah system informasi, perangkatlunakorutility
B.     Sejarah Bootstrap
Istilah bootstrap berasalsejakawalabadke- 19 AmerikaSerikat ( khususnyadalamkalimat “menarikdiriataspagaratas bootstrap seseorang”)sepasangsepatu bot dengansatu  bootstrap terlihatsepatu bot tinggimungkinmemiliki tab, lingkaranataumenanganidibagianatas yang dikenalsebagai  bootstrap, yang memungkinkanseseoranguntukmenggunakanjariataualat booting kaituntukmembantumenariknya. Bootstrap sudahdigunakanselamaabad ke-19”  sebagaicontohtugas yang mustahil. Padatahun 1834, ketikamuncul di advokat workingman.Padatahun 1860 munculdalamkomentarfilsafatomnetaphysicalyaituupayapemikiran yang menganalisissendiri.Bootsrapsebagaimetafora yang bearti yang beartimemperbaikidiridenganupayatanpabantuansendiri. Dan telahdigunakansemenjaktahun 1922. Bootstrap istilah computer mulaisebagai metaforapada1950-an.Dalam computer, menekankantombol bootstrap menyebabkan program tertanamuntukmembaca program bootstrap dari unit input. Computer kemudianakanmengeksekusi program bootstrap, yang menyebabkanuntukmembacaintruksi program yang lebihmendalam.
C.    PengembanganBootstrap DenganPerangkatLunak.
Bootstrap jugadapatmerujukkepadapengembanganberturutturutlebihkompleks, lingkunganpemogramanlebihcepat. Lingkungan yang paling sederhanamungkin editor teks yang sangatdasar( misalnya red ) dan program assembler. Menggunakanalatini, seseorangdapatmenulis editor teks yang lebihkompleks., dan compiler sederhanauntukbahasatingkattinggidanseterusnyasampaiseseorangmemilikigrafis IDE danbahasapemogramantingkattinggiyanssangatkuat. Secarahistoris, bootstrap jugamengacupadateknikawaluntukpengembangan program computer pada hardware baru. Bootstrap dalampengembangan program dimulaipada 1950-anketikasetiap program dibangundiataskertasdalamkode decimal ataudalamkodebiner. Sedikit demi sedikit (1 0 ), karenatidakadatingkattinggibahasa computer, tidakada compiler, assembler tidakada, dantidakada linker. Sebuah program assembler keciladalahtangankodeuntuk computer baru (misalnya IBM 650 )  yang dikorvensibeberapainstruksikedalam lode binneratau decimal. Compiler, linker, loader, danutilitaskemudiandikodekandalambahasa assembly, lanjutmelanjut proses bootstrap pengembangan system software yang kompleksdenganmenggunakan software sederhana. Istilahinijugadiperjuangkanoleh Doug Engelbartuntukmerujukkeyakinannyabahwaorganisasi bias lebihbaikbberkembangdenganmeningkatkan proses yang merekagunakanuntukperbaikan( sehinggamendapatkanefekperacikandariwaktukewaktu ) tim SRI-nya yang mengembangkan system hypertext NLS  meerapkanstrategiinidenganmenggunakanalat yang telahdikembangkan.
D.    AlatAlat Yang DikembangkanUntukMeningkatKanBootstrap
*      Compiler
Pengembangan kompiler untuk bahasa pemrograman baru pertama kali dikembangkan dalam bahasa yang sudah ada tetapi kemudian ditulis ulang dalam bahasa baru dan dikompilasi dengan sendirinya, adalah contoh lain dari gagasan bootstrap. Menggunakan bahasa yang ada untuk bootstrap bahasa baru adalah salah satu cara untuk memecahkan "ayam atau telur" kausalitas dilema.
*      Installer
Selama instalasi program komputer kadang-kadang diperlukan untuk memperbarui installer atau manajer paket itu sendiri. Pola umum untuk ini adalah dengan menggunakan sebuah file kecil executable bootstrapper (misalnya setup.exe) yang update installer dan mulai instalasi nyata setelah pembaruan.
*      Jaringan
Sebuah node bootstrap, juga dikenal sebagai tuan rumah pertemuan, adalah node dalam sebuah jaringan overlay yang menyediakan informasi konfigurasi awal untuk yang baru bergabung dengan node sehingga mereka dapat berhasil bergabung dengan jaringan overlay.
*      Acara simulasi diskrit
Suatu jenis simulasi komputer yang disebut simulasi kejadian diskrit merupakan pengoperasian sistem sebagai urutan kronologis kejadian. Sebuah teknik yang disebut bootstrap model simulasi digunakan, yang bootstraps poin data awal menggunakan generator nomor pseudorandom untuk menjadwalkan set awal tertunda peristiwa, yang menjadwalkan acara tambahan, dan dengan waktu, distribusi kali event pendekatan steady state-the bootstrap nya perilaku kewalahan oleh perilaku steady-state.
*      Kecerdasan buatan dan mesin pembelajaran
Bootstrap menggabungkan dan perbaikan diri RekursifBootstrap adalah teknik yang digunakan untuk iteratif meningkatkan kinerja classifier ini. Bibit AI adalah jenis hipotesis kecerdasan buatan yang mampu rekursif perbaikan diri. Setelah diperbaiki sendiri, itu akan menjadi lebih baik dalam memperbaiki diri, berpotensi menyebabkan peningkatan eksponensial dalam kecerdasan. Tidak ada AI tersebut diketahui ada, tetapi tetap merupakan bidang penelitian aktif.
Bibit AI adalah bagian penting dari beberapa teori tentang singularitas teknologi: pendukung percaya bahwa pengembangan benih AI cepat akan menghasilkan kecerdasan yang selalu lebih cerdas (via bootstrap) dan dengan demikian era baru [rujukan?].
*      Penelitian
Bootstrap adalah teknik mencari database. Satu dapat melakukan pencarian eksak (menggunakan kata kunci, misalnya) dan mengambil banyak "hits", beberapa di antaranya akan di-sasaran. Ketika peneliti melihat dokumen yang relevan yang datang melalui dalam campuran, judul subjek akan berlokasi dalam dokumen. Peneliti kemudian dapat mengeksekusi pencarian baru menggunakan judul subjek resmi yang akan menghasilkan lebih fokus, hasil menunjuk. [Rujukan?]
*      Statistik
Bootstrap adalah teknik resampling yang digunakan untuk memperoleh perkiraan ringkasan statistik.
*      Bisnis
Bootstrap dalam bisnis berarti memulai bisnis tanpa bantuan atau modal eksternal. Startups seperti mendanai perkembangan perusahaan mereka melalui arus kas internal dan berhati-hati dengan pengeluaran mereka. Umumnya pada awal sebuah usaha, sejumlah kecil uang yang akan disisihkan untuk proses bootstrap. Bootstrap juga bisa menjadi suplemen untuk model ekonometrik. Bootstrap juga diperluas dalam buku Bootstrap Bisnis, oleh Richard Christiansen.
*      Biologi
Richard Dawkins dalam bukunya River Out of Eden menggunakan konsep bootstrap komputer untuk menjelaskan bagaimana sel-sel biologis membedakan: "Sel yang berbeda menerima berbagai kombinasi bahan kimia, yang mengaktifkan berbagai kombinasi gen, dan beberapa gen bekerja untuk beralih gen lain atau off. Dan bootstrap terus, sampai kita memiliki repertoar penuh berbagai jenis sel. "
*      Filogenetik
Analisis bootstrap memberikan cara untuk menilai kekuatan dukungan untuk clades di pohon filogenetik. Sejumlah ditulis oleh node, yang mencerminkan persentase pohon bootstrap yang juga menyelesaikan clade pada titik akhir dari cabang itu.
*      Hukum
Bootstrap adalah aturan mencegah penerimaan bukti desas-desus dalam kasus konspirasi.
*      Linguistik
Bootstrap adalah teori pemerolehan bahasa.
*      Fisika
Bootstrap menggunakan kriteria konsistensi yang sangat umum untuk menentukan bentuk teori kuantum dari beberapa asumsi pada spektrum partikel.
*      Elektronik
Bootstrap adalah bentuk umpan balik positif dalam desain sirkuit analog.
*      Tenaga listrik jaringan
Biasanya jaringan listrik listrik tidak pernah dibawa turun dengan sengaja. Generator dan pembangkit listrik yang dimulai dan ditutup sesuai kebutuhan. Sebuah pembangkit listrik khas membutuhkan daya untuk start up sebelum mampu menghasilkan tenaga. Kekuatan ini diperoleh dari grid, jadi jika seluruh jaringan turun stasiun ini tidak dapat dijalankan.
Oleh karena itu untuk mendapatkan grid dimulai, harus ada setidaknya sejumlah kecil pembangkit listrik yang dapat mulai sepenuhnya pada mereka sendiri. Awal yang hitam adalah proses memulihkan pembangkit listrik untuk operasi tanpa bergantung pada daya eksternal. Dengan tidak adanya jaringan listrik, satu atau lebih mulai hitam digunakan untuk bootstrap grid.
*      Jaringan selular
Sebuah Fungsi Bootstrap Server (BSF) merupakan unsur perantara dalam jaringan selular yang menyediakan fungsi independen aplikasi untuk otentikasi bersama peralatan pengguna dan server yang tidak diketahui satu sama lain dan untuk 'bootstrap' pertukaran kunci rahasia sesi setelah itu. Istilah 'bootstrap' terkait dengan membangun hubungan keamanan dengan perangkat yang sebelumnya tidak diketahui pertama dan untuk memungkinkan unsur-unsur keamanan menginstal (kunci) dalam perangkat dan BSF setelah itu.

E.     Kelebihan Bootstrap
*      Dibangun menggunakan Less.
*      Teknologi CSS yang sederhana dan mudah digunakan.
*      Anda dapat mengakses dengan mudah informasi dan fungsi warna, variabel, dan operasi penggunaan.
F.     Kekurangan Bootstrap
*      Minim gambar karena menggunakan CSS3.
*      Belum mampu memberikan tampilan yang sesuai di semua web browser.
*      Membuat kita menjadi kurang kreatif karena terpaku dengancoding yang dikembangkan oleh developer.
G.    Cara Memasang Dan Menggunakan Bootstrap
1. dowload bootstrap tersebut digithub,
2. selanjutnya folder boostrap masukan didalam project
file file diatas adalah komponen file pada bootstrap, jadi ketika didownload kita mendapatkan folderbernama bootstrap yang didalamnya berisi css js img..
didalam css:
– bootstrap-responsive.css : file ini digunakan untuk mensetting layout halaman website , dan keunggulannya file ini dapat menyesuaikan sendiri ukuran website pada device yang digunakan, seperti desktop,i-phone,tablet dsb…
-bootstrap.css : file ini digunakan untuk mensetting keseluruhan style css didalam bootstrap tersebut.
– sedangkan bootstrap-responsive.min.css dan boostrap.min.css : merupakan file hasil compress sehingga ukuran file lebih diperkecil, fungsi tetap sama dengan yang aslinya…
didalam img:
– file pertama merupakan image icon yang digunakan untuk icon2 dibootstrap
– file kedua sama dengan yang diatas cuma background yang digunakan berwarna putih sedang yang atas background icon yang digunakan berwarna hitam
didalam js :
  – bootstrap.js : merupakan sebuah file file pengaturan javascript yang menghandle semua event2 dsb didalam bootstrap
  – bootstrap.min.js : merupakan file file hasil compress dari bootstrap.js
  – jquery.js: (framework javascript) file ini di gunakan untuk memberikan sumber daya script didalam bootstrap.jsistilah simple ini adalah bahan bakar script kita he…
3. seep kemudian kita coba pasang file file bootstrap tersebut pada html












BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
v  Bootstrap adalah alat untuk mendesain UI web. Dalam bahasa umum bootstrap biasanya mengacu pada awal proses mandiri uang seharusnya untuk melanjutkan tanpa masukan eksternal.
v  Dalam teknologi computer istilah ini disingkat menjadi booting.  Booting adalah proses memulai computer , khusus nya   dalam hal memulai software.
v  Istilah bootstrap berasal  awal  abad ke- 19 Amerika Serikat.  (khusus nya dalam kalimat “ menarik diri atas pagar oleh bootstrap seseorang “). Bearti tindakan kepalang mustahil, sebuah adynaton. Sepasang sepatu bot tinggi mungkin memiliki tab, lingkaran atau menangani  dibagian atas  yang dikenal sebagai bootstrap. Yang memungkinkan seseorang untuk  menggunakan jari atau alat booting kait untuk  membantu menarik sepatu. Selama abad ke 19 sebagai contoh tugas yang mustahil , pada tahun 1834 ketika muncul di Advokat workingma, hal ini menduga Mr Muphee,sekarang akan diaktifkan untuk menyerahkan diri atas sungai Cumberland atau halaman gudang pagar oleh tali sepatu botnya.  Pada tahun  1860 muncul dalam komentar filsafat omnetaphysical. “ upaya pikiran untuk menganalisis sendiri yaitu analog dengan orang yang angkat mengangkat dirinya dengan bootstrap sendiri.
v  Bootstrap dalam pengembangan program dimulai sejak 1950-an ketika setiap program dibangun diatas kertas dalam kode decimal atau dalam kode biner. Melanjutkan system bootstrap pengembangan system software yang kompleks dengan menggunakan system yang sederhana. Istilah ini juga diperjuangkan oleh Doug E ngelbart untuk merujuk keinginan nya bahwa organisasi lebih baik berkembang dengan meningkatkan proses yang mereka gunakan untuk perbaikan ( sehingga mendapaatkan efek peracikan dari waktu ke waktu). Tim SRI-nya yang mengembangkan system hypertext NLS menerapkan strategi ini dengan menggunakan alat yang telah mereka kembanglan untuk meningkatkannya.
v  Alat alat yang dikembangkan untuk meningkatkan bootstrap.
1.      Compiler
2.      Installer
3.      Jaringan
4.      Acara simulasi diskrit
5.      Kecerdasan buatan dan mesin pembelajaran

B. SARAN
Penulis mengetahui bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis membutuhkan saran-saran yang membangun untuk kesempurnaan makalah ini karena dengan adanya saran-saran tersebut penulis dapat mengetahui dimana letak kekurangan-kekurangan dari makalah ini dan bisa menjadi pertimbangan selanjutnya dalam pembuatan makalah yang lainnya, tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung penulis dalam pembuatan makalah yang berjudul tentang “ BOOTSTRAP”
































DAFTAR PUSTAKA



SPSS Inc.(2012).IBM SPSS Bootstrapping 19.New York :SPSS. Inc


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar